Kamis, 19 Februari 2015

Tanda Bayi Sehat Bahagia Hatinya Ketika Bersama Anda

Tanda Bayi Sehat Bahagia Hatinya Ketika Bersama Anda -  sebagai seorang ibu kadang kita tidak tahu apakah bayi kita sehat dan bahagia hatinya ataukah tidak. Kita kadang bingung dengan apa yang kita lihat tentang si bayi tapi kita juga tidak bisa berbuat apa-apa karena kurangnya pengetahuan.


Oleh karena itu pada kesempatan istimewa ini saya akan berbagi informasi tentang bayi sehat serta memiliki perasaan bahagia dengan kita.


Tanda Bayi Sehat Bahagia Hatinya Ketika Bersama Anda

Apakah bayi Anda cukup makan, cukup tidur, dan mencapai tahap tumbuh kembang pada usia yang ideal? Cek tanda-tanda sederhana berikut ini yang menandakan bayi Anda sehat dan bahagia

  • Bayi tenang oleh sentuhan dan suara Anda
Pertanda: Bayi mengalami perkembangan emosional. Bayi baru lahir tentu sering menangis. Dan mungkin mengajak dia bicara bukan cara mujarab untuk menghentikan tangis. Namun suara Anda begitu akrab di telinga bayi sejak dia masih berada di dalam kandungan sehingga wajar jika perhatian akan tertuju pada suara Anda. Suara Anda adalah salah satu bagian terbesar selama bayi berada di dalam kandungan. Setelah dia lahir, setiap kali dia mendengar suara Anda, dibedong, digendong , dan merasakan panas tubuh Anda, dia seolah kembali ke masa-masa indah serta damai di dalam perut Anda. Ketika bayi merasa tenang berkat kehadiran Anda, itulah langkah pertama jalinan kedekatan Anda dengan dia sekaligus pertanda jelas bahwa emosinya berkembang.

  • Anda mengganti popok 8-10 kali per hari dan berat badan bayi bertambah
Pertanda: asupan makanan cukup dan dia tumbuh dalam skala sehat meskipun kebutuhan bayi terhadap makanan berubah-ubah. Jika Anda memberi ASI, salah satu cara termudah mengetahui bahwa bayi Anda cukup minum susu adalah popok basah. Bayi baru lahir perlu ganti popok kira-kira 10 kali setiap hari. Bayi sehat perlu senantiasa diperiksa dokter anak untuk memastikan bayi Anda tumbuh dan berkembang dengan sehat. Pada jeda kunjungan ke dokter, popok basah menjadi pertanda paling baik seputar kecukupan asupan makanan. Pada awal kehidupannya, bayi hanya memerlukan susu 60 ml per kilogram berat badan per hari. Kebutuhan itu akan naik bertahap setiap hari hingga mencapai 150-200 ml susu per kilogram berat badan setiap hari.

Tidak perlu cemas ketika bayi kehilangan berat badan hingga 10 persen dalam beberapa hari pertama setelah lahir. Setelah berumur 10 hari, berat badannya akan mulai naik. Pada usia 1-3 bulan, kenaikan berat badan normal sekitar 200 gram per minggu. Lalu pada usia 4-6 bulan, berat badan bayi akan naik 500-600 gram per bulan. Memasuki usia 7-9 bulan, kenaikan berat badan bayi ideal 350-450 gram per bulan pada usia 10-12 bulan. Kenaikan berat badan sekitar 200 gram per bulan.

  • Bayi semakin tenang dan bisa memusatkan perhatian meskipun hanya sejenak selama beberapa kali dalam satu hari
Pertanda: dia mengamati dunia sekitar dan mulai belajar. Minggu-minggu pertama bayi memang hanya diisi dengan menyusu setiap 2 jam dan tidur. Di antara 2 kegiatan itu dia menangis. Namun begitu bayi punya kendali terhadap otot mata dan bisa memusatkan pandangan pada target tertentu, Anda akan menyadari bahwa si mungil sedang belajar. Ketika bayi terdiam dan waspada, mereka mengamati segala hal di sekitar dan memproses berbagai informasi baru. Bayi mulai lebih banyak terjaga saat dia berusia sekitar 1 bulan. Saat itulah dia bisa tenang dan kemampuan visualnya bertambah.

  • Bayi mengenali suara baru dan diam untuk mendengar
Pertanda: pendengaran berkembang dan otaknya mengenali suara. Indra pendengaran sudah mulai matang sejak bayi baru lahir. Namun bayi perlu waktu untuk membedakan white noise yang dia dengar sehari-hari seperti percikan air dan dengung mesin cuci, dengan suara-suara baru. Suara musik biasanya bisa mencuri perhatian bayi. Begitu Anda melihat bayi merespon bunyi dengan cara mencari sumber bunyi, Anda bisa tahu bahwa telinganya sehat dan dia punya rasa penasaran. Dengan bertambahnya usia, pendengaran makin baik. Pada usia 9 bulan bayi sudah bisa mengidentifikasikan suara yang berjarak 1 meter darinya termasuk ketika namanya dipanggil.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar